STUDY KOMPARATIF PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN (TPS) THINK PAIR SHARE DAN (PBL) PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nurhalimah, Siti (2019) STUDY KOMPARATIF PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN (TPS) THINK PAIR SHARE DAN (PBL) PROBLEM BASED LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1761277860%3A1686823369626335&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1n62AXnTyHQsQ9D-i85-V-TJ0S6CKzo07%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1n62AXnTyHQsQ9D-

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S1930287441%3A1686823385114989&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1m3_2r_gtLaXM9X3flgN931swCiOZLAKi%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1m3_2r_gtLaXM9X3f
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-805046115%3A1686823404428497&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13eUOTfokFaGUC_Oz7t6Lztop6luj8rSD%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13eUOTfokFaGUC_Oz
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1459616503%3A1686823423117889&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1sJ4rrN__01tu_zEyPBWpFSMI1-E7STvl%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1sJ4rrN__01tu_zE
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1794859720%3A1686823509590637&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1epJNI9Zv0uPWjAJF5ubu79DRu63nVdXY%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1epJNI9Zv0uPWjAJ
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S604583237%3A1686823527266930&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11LiGapfI6sBgrL9o6QywBhCbvmUrJADb%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11LiGapfI6sBgrL9o6
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh pembelajaran Ekonomi merupakan pembelajaran terpadu yang mampu mengembangkan kompetensi peserta didik dengan demikian, pembelajaran Ekonomi tidak hanya ditekankan pada pencapaian hasil belajar saja atau tidak hanya ditekankan pada aspek kognitif saja, melainkan guru dituntut memadukan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara proposional. Pelajaran Ekonomi dipandang sebgai pelajaran yang mudah dengan bahan materinya yang sangat banyak. Secara umum, guru juga kurang menyajikan materi secara menarik. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran Ekonomi membosankan oleh sebagian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share, 2) untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning, 3) untuk mengetahui perbedaan metode pemebelajaran Think Pair Share dengan Metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 3 Nganjuk Tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 134 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS-1 sejumlah 32 siswa dan kelas XI IPS -2 berjumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis dan observasi. Kelas XI IPS-1 sebagai kelas Kontrol dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah analisis t-tes. t =X1-X2n1-1S12+n2-1S22n1+n2-21n1+1n2 Berdasarkan hasil nilai tes, siswa kelas eksperimen menunjukan nilai rata-rata 82,31 untuk kelas control menunjukkan nilai rata – rata 75,44. Berdasarkan hasil analisis deketahui taraf signifikan 5% untuk dk = 60 nilai ttabel =2,00 dan thitung = 4.32 maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran Think Pair Share dengan metode pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Nganjuk Tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 15 Jun 2023 10:25
Last Modified: 15 Jun 2023 10:25
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item