STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN METODE IMPROVE DAN DIRECT LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Rini, Endang Setyo (2019) STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN METODE IMPROVE DAN DIRECT LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1962351185%3A1686827494841693&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JOtUFFvmNvLanU0Ob7w8JS0nX_4eUdx3%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1JOtUFFvmNvLanU0

Download (648kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-519720657%3A1686827719081366&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MFRPkcN91cB6T0SYJc9HPbVEXH5lzXSw%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MFRPkcN91cB6T0SY
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S67635459%3A1686827789412930&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bKzjQ7hN-i7FI5VlEYjh7evHAYVek1zK%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bKzjQ7hN-i7FI5VlEY
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S1208128122%3A1686827805790555&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1EQcphqNRNSJKG8fObKh2-u94Rv97ERAr%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1EQcphqNRNSJKG8fO
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-33249677%3A1686827821974454&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OTNTG6AuIKVX8kUmfIBKlM4hSc52AsPl%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OTNTG6AuIKVX8kUmf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S1107545830%3A1686827840395668&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1u8jAtPSC8n11AsmTi20IFV1mTjn9rrwU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1u8jAtPSC8n11AsmT
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S1309147405%3A1686827857538376&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LVz-B0gLaXHoRepqZqZAnoCPBUcr1w4S%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1LVz-B0gLaXHoRepq

Download (648kB)

Abstract

Tujuan peneliti adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X dengan menggunakan metode pembelajaran Improve, 2) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X dengan menggunakan metode pembelajaran Direct Learning, dan 3) untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Metode Improve dan Metode Direct Learning, Mata Pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2018-2019. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental (eksperimen yang sebenarnya), dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2018-2019. Adapun sampelnya adalah kelas X Akuntansi 2 yang berjumlah 35 siswa dan kelas X Perbankan 2 yang berjumlah 35 siswa. Sedangkan obyek dari penelitian ini adalah di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2018-2019. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan dari hasil analisa data, prestasi belajar menggunakan model pembelajaran Improve tidak lebih baik dibanding prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Direct Learning. Hal ini terbukti dengan, rata-rata nilai kelas X Akuntansi 2 yang menggunakan metode pembelajaran improve adalah 73.34 sedangkan rata-rata nilai X Perbankan 2 yang menggunakan metode pembelajaran direct learning adalah 77,45. Hal ini terbukti dari hasil uji t untuk prestasi Pada taraf signifikan 5% , thitung < ttabel yaitu 1,57 < 1,67. Hal tersebut dikarenakan perbedaan perlakuan atau metode yang diterapkan pada kedua kelas, perbedaan kemampuan siswa dan perbedaan kegiatan yang dilakukan siswa pada saat pembelajaran. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran improve dan metode pembelajaran direct learning dimana metode pembelajaran direct learning lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Direct Learning, Metode Pembelajaran Improve, Prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 15 Jun 2023 11:36
Last Modified: 15 Jun 2023 11:36
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item