Niabela, Wahyu Agustin (2019) STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN TTW (THINK-TALK-WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KELAS X BDP DI SMK NEGERI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-955290850%3A1686832436628358&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lov8gmimRnhFWa8ML_go1yin55LoaBzs%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1lov8gmimRnhFWa8M Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S1208128122%3A1686832450620260&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mjKnMIFLAcPnqxu_-BqCgpNksWTWbDfW%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1mjKnMIFLAcPnqxu_ Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1609628700%3A1686832467579864&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1qmJJ7EAB6U7jDlkcRDl2wwdCvA8F5G1p%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1qmJJ7EAB6U7jDlk Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-637299318%3A1686832487346748&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bp9bomwFgxpu4RaPFOz3QgmsB22-LVl-%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bp9bomwFgxpu4RaP Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S437232202%3A1686832503668464&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nHpI9TqaR8nYCIIHkcWQ-wW3F3yTuhAN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1nHpI9TqaR8nYCIIHk Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S1628132329%3A1686832531691864&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-iX4hucpgAR37pF0m5w4bupnnZJ2K_FH%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1-iX4hucpgAR37pF0 Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1458845700%3A1686832551384600&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1UasFGTxAlFUzy6RXXYrlaB3BIeY-Akpi%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1UasFGTxAlFUzy6R Download (649kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada materi permintaan dan penawaran siswa kelas X BDP-1 dengan menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share), 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ekonomi pada materi permintaan dan penawaran siswa kelas X BDP-2 dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write), 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi materi permintaan dan penawaran siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 antara yang menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X BDP sebanyak 143 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X BDP-1 sejumlah 30 siswa dan X BDP-2 sejumlah 38 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas X BDP-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X BDP-2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil nilai tes. siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai rata – rata 87,56, kelas kontrol nilai rata - rata 81,84. Untuk kelas eksperimen yang berarti lebih baik daripada kelas kontrol, berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t, maka diperoleh perhitungan data penelitian diketahui bahwa dengan taraf signifikan 5% untuk N=68 dan dk= N-2= 66. Karena dk 66 tidak tercantum dalam tabel distribusi t maka diambil nilai 60, Nilai dari dk= 60 adalah 2,000. Sedangkan nilai = 3,321 yang berarti > , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dan model pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) pada mata pelajaran ekonomi materi Permintaan dan penawaran siswa kelas X BDP 1 dan kelas X BDP 2 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran TPS, Model Pembelajaran TTW, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 12:56 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 12:56 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
View Item |