Sari, Dini Guritno (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA MATERI BANK SENTRAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BERBEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-418693572%3A1686832888501729&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15p_NBrYJCV-fRnM_S_8A7WP0YMk9yqpA%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F15p_NBrYJCV-fRnM_ Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S906093105%3A1686832902320107&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DD-xJpJilgEes5iR12MRV97sqmmM2vFi%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DD-xJpJilgEes5iR1 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1224545332%3A1686832917606267&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Uy4zj6gjXdw-MQO31rOV2C20Itrj9ArX%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Uy4zj6gjXdw-MQO Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S1476774507%3A1686832935057821&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11mF1QfFjtB5LGCFEyourQjOS_l2BzII7%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11mF1QfFjtB5LGCFE Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S580527%3A1686832947853401&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1AgmXKKg8vriT1_odUOTv8fPtp6fUtvn4%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1AgmXKKg8vriT1_odUOTv Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S219077033%3A1686832962705262&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1G54IVenZwilNQDNajHlUhQI7SRWxrX31%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1G54IVenZwilNQDNaj Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S1476774507%3A1686832978941834&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1cc-HPD09vwWvQCB2R8bncCXbbaYBWjaV%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1cc-HPD09vwWvQCB2 Download (648kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada materi bank sentral siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan metode konvensional. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada materi bank sentral siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Ajaran 2018/2019 setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing. 3) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada materi bank sentral siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain True Eksperimental Design. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Berbek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 234 siswa . Sedangkan pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling diambil secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X- MIPA 1 dan X-MIPA 2 tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 34 siswa pada kelas X-MIPA 1 dan 33 siswa pada kelas X-MIPA 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-tes. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-ratanya berdasarkan perhitungan adalah 80,68 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya berdasarkan perhitungan adalah 73,03. Kemudian disubstitusikan pada rumus uji-t diperoleh nilai thitung = 4,13 dan derajat taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,000, sehingga dapat dilihat bahwa thitung >ttabel.. Dengan demikian H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah “Ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dengan Metode Konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada materi bank sentral siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 13:03 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 13:03 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1149 |
Actions (login required)
View Item |