PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AJARAN 2018/2019

Wibowo, Widi Suhartati Dwi (2019) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S1694966567%3A1686918640694243&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1j2NpVyAUE0lQaZErAwWAPzgSEbO1UgVJ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1j2NpVyAUE0lQaZEr
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan pendekatan Contextuasl Teaching and Learning (CTL) tipe Role Playing terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tipe Cooperative Script terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan penggaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tipe Role Playing dengan tipe Cooperative Script terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Bisnis pada Siswa Kelas X Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X Akuntansi sebanyak 88 siswa. sedangkan sampel yang digunakan peneliti yaitu kelas X AK-1 sebanyak 31 siswa dan X AK-2 sebanyak 31 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan, 1) Hasil belajar ekonomi bisnis materi permintaan dan penawaran dengan menggunakan metode cooperative script di kelas X AK-2 (Kelas Kontrol) SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 memiliki rata – rata 82,56; 2) Hasil belajar ekonomi bisnis materi permintaan dan penawaran dengan menggunakan metode role playing di kelas X AK-1 (Kelas Eksperimen) SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 memiliki rata – rata 88,56; 3) Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 4,481 dan ttabel = 1,671. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel , dengan demikian maka Ho di tolak dan Ha di terima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara dengan menggunakan metode cooperative script dengan metode role playing pada mata pelajaran IPS Ekonomi Bisnis materi permintaan dan penawaran siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL), Role Playing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 16 Jun 2023 12:44
Last Modified: 16 Jun 2023 12:44
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item