STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 SMK PGRI 2 NGANJUK

Atho’illah, Muhammad (2019) STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 4 SMK PGRI 2 NGANJUK. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-16218460%3A1687340478093588&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VhsGkJRUpZm5UghsXtWPL6hnjnKF5gea%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VhsGkJRUpZm5UghsXtWPL6hn

Download (649kB)
[img] Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S1124565471%3A1687340486016204&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19BvGooEpNKnyenvZkoMLCwZnKEGxb_rh%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19BvGooEpNKnyenvZkoMLCwZ
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode reciprocal learning pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode group investigation pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode reciprocal learning dan group investigation pada kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X Akuntansi 4 yang berjumlah 31 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-tes. Hasil belajar ekonomi bisnis kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk, sebelum penelitian diketahui rata-rata nilai ekonomi bisnis adalah sebesar 70,871 (Cukup baik), hasil belajar ekonomi bisnis pada kegiatan pembelajaran menggunakan metode reciprocal learning pada siswa kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai (Mx) sebesar 85,06 (Amat baik). Hasil belajar ekonomi bisnis pada kegiatan pembelajaran menggunakan metode group investigation dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai (My) sebesar 73,9355 (Cukup baik). Dari hasil analisa data diperoleh hasil nilai hitung (th) atau nilai operasional to) sebesar 9,012834. dan setelah dikonsultasikan dengan taraf signifikan 5% (2,042272) maupun taraf signifikan 1% (2,749996), terbukti bahwa t operasional lebih besar dari t tabel, sehingga dapat dinyatakan bahwa: 2,042272 <9,012834 > 2,749996. Dapat ditarik kesimpulan: Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode reciprocal learning dan group investigation pada kelas X Akuntansi 4 SMK PGRI 2 Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019, hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran reciprocal learning, group investigation, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:43
Last Modified: 21 Jun 2023 09:43
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item