Asopa, Burhan Nur (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL STRATEGI RELATING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA MATERI PARTISIPASI WARGA NEGARA DALAM SISTEM POLITIK DI INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1089804618%3A1687426659165492&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12XBjOdHmv5jpXekmhJ1SIeBYXS8-qtc6%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12XBjOdHmv5jpXekmhJ1SIe Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-368387002%3A1687426686953429&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11-oMWrTmDVTODEAy2dEydfadcSLNH7jx%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11-oMWrTmDVTODEAy2dEydfa Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1979350061%3A1687426700642896&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F14Q5oBStHpI-S1njKH49K3CuhO9CE2TDC%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F14Q5oBStHpI-S1njKH49K3C Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S1426566021%3A1687426715012848&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11KiaptpHuDhn-vK9-3R6uR2SL4CCQIvD%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F11KiaptpHuDhn-vK9-3R6uR2 Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-2063524919%3A1687426733638925&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1EjxuTiMTtaT6SFbnWPCHkBRNjvC0R4kx%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1EjxuTiMTtaT6SFbnWPCHkB Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S235518294%3A1687426753357499&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ACX7OlgtDdT8V3jUuzTZQ8vC6lKkXqEN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ACX7OlgtDdT8V3jUuzTZQ8vC Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-570153593%3A1687426767631791&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1oM0qLyr64G58eq7Lg_wOUmZcSmfm17ZT%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1oM0qLyr64G58eq7Lg_wOUmZ Download (649kB) |
Abstract
Belajar merupakan proses untuk penentu peningkatan masa depan dan derajat hidup seseorang. Seiring dengan berkembangnya zaman, guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran.Sejalan dengan permasalahan tersebut tentunya diperlukan model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran lebih kondusif dan membuat siswa lebih aktif.Diantara model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn salah satunya adalah model pembelajaran Kontekstual strategi relating. Penyajian materi pada model ini dilakukan dengan memberikan banyak latihan soal sehingga siswa akan lebih terampil dalam mengerjakan soal dan lebih mudah memahami konsep materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil hasil belajar PPKn siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Kontekstual strategi relating (2) hasil belajar PPKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual strategi relating ,(3) untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran Kontekstual strategi relating terhadap hasil belajar PPKn pada materi Partisipasi Warga Negara dalam sistem politik di indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejoso. Dengan menggunakan cara random sampling, maka sampel penelitian ini adalah kelas X-MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t model polled varians dengan rumus : Dalam penelitian ini nilai rata-rata tanpa menggunakan model pembelajaran Kontekstual strategi relating adalah 72,40 dikategorikan Cukup Baik. Dan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual strategi relating adalah 80,125 dikategorikan Baik. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,78 dan dari tabel uji-t dengan dk = 62 serta taraf signifikasi 5% diketahui ttabel = 1,99.Karena thitung> ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kontekstual strategi relating efektif terhadap hasil belajar PPKn pada materi Partisipasi Warga Negara dalam sistem politik di indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual strategi relating,Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 09:42 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:42 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1173 |
Actions (login required)
View Item |