Artikel : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI IPA PADA MATA KULIAH FLUIDA MAHASISWAPENDIDIKAN IPA

Ma'ruf, Annas and PUSPITASARI, YULIA DEWI (2017) Artikel : EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI IPA PADA MATA KULIAH FLUIDA MAHASISWAPENDIDIKAN IPA. JURNAL DHARMA PENDIDIKA, 12 (2). pp. 139-148. ISSN 1907 – 2813

[img] Text (Artikel)
11. Jurnal_Efektivitas Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Kemampuan Komunikasi Ipa Pada Mata Kuliah Fluida Mahasiswapendidikan Ipa.pdf

Download (485kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Pembelajaran IPApada Mata Kuliah fluida masih banyak mahasiswa yang cenderung pasif. Hal tersebut nampak dari aktivitas komunikasi IPAmahasiswa secara lisan maupun tertulis pada saat proses belajar yang masih rendah dan hasil nilai UTS rata-rata lebih rendah dibandingkan mata kuliah lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan komunikasiIPAmahasiswa menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan komunikasi IPAmahasiswa menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting, (3) efektivitas model pembelajaran Probing-Promting dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi IPA pada Mata Kuliah fluida Mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan IPA.Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswasemester 4 prodi pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk. Dengan menggunakan random sampling, maka sampel penelitian ini terdiri dari semester 2 sebagai kelas kontrol dan kelas semester 4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa statistik yaitu t-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS-20.Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan nilai rata–rata post-test pada kelas kontrol 64,95, sedangkan menggunakan model pembelajaran probing-prompting nilai rata– rata post-test pada kelas eksperimen 74,75. Kemudian disubstitusikan pada rumus t-tes diperoleh thitung = 2,618 dan derajat bebasnya 38 taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttable = 2,025. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,618> 2,025. Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran probing-prompting lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi IPA pada Mata Kuliah fluida mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk.

Item Type: Article
Additional Information: INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: PA, Probing-Prompting, Kemampuan Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 04 Jun 2021 09:49
Last Modified: 04 Jun 2021 09:49
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item