Etika, Erdyna Dwi (2018) Artikel : Pengembangan Soal Multi representative Berbasis Contextual Problem Dalam konsep Geometri. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI Nganjuk, 13 (1). pp. 48-59.
Text (Artikel)
3. Artikel Dharma_Pengembangan Soal.pdf Download (98kB) |
|
Image (COVER)
3. Sampul jurnal dharma vol 13 no 1 2018.jpg Download (612kB) |
Abstract
Fakta yang diperoleh penulis pada saat belajar dan mengajar matematika di Perguruan Tinggi menunjukkan bahwa soal-soal matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masih rendah sehingga tidak dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal Multi Representative Problem Solving Berbasis Contextual Problem pada konsep geometri yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah development research tipe formative research. Prosedur pengembangan soal dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu : Self Evaluation, Prototyping (validasi, evaluasi dan revisi), Field Test (Uji lapangan). Hasil penelitian ini adalah: (1) pada tahap self evaluating telah dilakukan observasi lapangan dan analisa kebutuhan dengan hasil bahwa sarana di program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Nganjuk memadai untuk pengembangan soal multirepresentasi berbasis kontekstual, mahasiswa membutuhkan soal-soal yang menantang untuk mereka selesaikan, dan dosen sangat mendukung adanya pengembangan soal multirepresetasi berbasi kontekstual pada materi geometri; (2) pada tahap prototyping menghasilkan soal hasil validasi ahli yang dinamakan prototype 2; (3) pada tahap field testing, prototype 2 diuji cobakan pada small group yang terdiri dari 6 mahasiswa dengan hasil reliabilitas sebesar 0,82 dan berdasarkan tanggapan mahasiswa bahwa keterbacaan soal sudah baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Soal, Multirepresentasi, Contextual, Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 10:20 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 10:20 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/212 |
Actions (login required)
View Item |