Suhartini, Enik (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN DI DUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BABA III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (67kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sebelum menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) Untuk mengetahui perberbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 106 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 26 siswa dan XI IPS 2 sejumlah 26 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 70,1 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post test 79,42 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 50 nilai ttabel = 2,021 dan thitung = 3,543, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan didukung media audio visual pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Demonstrasi, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 09:02 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:02 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/347 |
Actions (login required)
View Item |