Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Materi Penawaran Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Wahyuni, Manda Rizki (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Materi Penawaran Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (67kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (67kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi bisnis dengan materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020, 2)Untuk mengetahui hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) mata pelajaran Ekonomi Bisnis dengan materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020, 3)Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran kooperatif tipe DLPS (Double Loop Problem Solving) mata pelajaran Ekonomi Bisnis dengan Materi Penawaran pada siswa kelas X OTKP di SMKN 2 NGANJUK tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X OTKP sebanyak 107 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X OTKP 2 sejumlah 35 siswa dan X OTKP 3 sejumlah 35 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata - rata post test 78,18 untuk kelas kontrol dan nilai rata – rata post test 85,48 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 68 nilai ttabel= 2,000 dan thitung = 5,214, maka thitung> ttabelyang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) untuk mengingkatkan hasil belajar ekonomi bisnis materi penawaran pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaranDLPS (Double Loop Problem Solving), hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 27 Oct 2021 09:39
Last Modified: 27 Oct 2021 09:39
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item