ARTIKEL : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Aplikasi Quizizz

AINI, ADDIN ZUHROTUL (2021) ARTIKEL : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Aplikasi Quizizz. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI Nganjuk, 16 (1). pp. 84-92.

[img] Text (ARTIKEL)
8 Quizizz.pdf

Download (216kB)
Official URL: https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan media aplikasi Quizizz pada siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 2 Nganjuk yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes soal kuis di aplikasi Quizizz dan observasi langsung dalam proses pembelajaran. Adapun indikator keberhasilan tindakan untuk hasil belajar ditandai dengan ≥70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Quizizz. Rata-rata hasil belajar sebesar 64,05 pada siklus I kemudian menjadi 86,35 pada siklus II. Prosentase siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan yakni 43,75% pada siklus I dan menjadi 78,125% pada siklus II.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PPKn, Aplikasi Quizizz
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:19
Last Modified: 12 Apr 2022 05:19
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item