PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IPS SMAN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Huda, M Saiful, 201710200600 and juminto, 0004075702 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INQUIRY BERBASIS DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IPS SMAN 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (73kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Materi Masalah Pokok Ekonomi dan Sistem Ekonomi pada kelas X IPS 1 SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiri berbasis daring.Penelitian ini merupakan peneltian eksperimen dengan one group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X yang berjumlah 144 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS-1 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes .Berdasarkan hasil nilai tes siswa, sebelum menggunakan model pembelajaran koopertif inquiry berbasis daring menunjukkan nilai rata-rata 69. Menunjukan hasil tersebut dikategorikan cukup baik dan hasil setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring menunjukan nilai rata- rata 79. menujukkan bahwa hasil tersebut dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = 35 nilai thitung = 14,352 dan ttable = 2,021 dan, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi Materi Masalah Pokok Ekonomi dan Sistem Ekonomi pada siswa kelas X-IPS 1 SMAN 1 REJOSO Tahun Pelajaran 2020/2021 sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif inquiry berbasis daring”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Inquiry Berbasis Daring, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 21 Feb 2023 12:04
Last Modified: 21 Feb 2023 12:04
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item