Anjarwati, Dini, 201710300966 and Andrini, Vera Septi, 196509161991122001 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MELALUI ZOOM CLOUD MEETING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Media Zoom Cloud Meeting, 3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Media Zoom Cloud Meeting dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Nganjuk tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 72,03 untuk kelas kontrol yang berarti cukup baik, dan nilai rata – rata post-test 84,50 untuk kelas eksperimen yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan 5% untuk dk = 62 nilai ttabel = 1,99 dan thitung = 8,016, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning melalui media Zoom Cloud Meeting pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Guided Discovery Learning , Media Zoom Cloud Meeting, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 08:30 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 08:30 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |