PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sari, Ririn Tiara, 201710300979 and Patmaningrum, Agustin, 0711087601 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon, 3) untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar dengan adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu True Experimental Desain dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Variabel bebas yang pertama adalah Problem Based Learning, Variabel bebas yang kedua adalah media video animasi Powtoon, dan variabel terikat adalah hasil belajar. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 288 siswa. Sedangkan sampel yang terpilih yaitu kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan kelas VIII-E sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik t-tes. Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan metode diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 5,315 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung > Ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Video Animasi Powtoon terhadap pelajaran Matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMPN 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, media video animasi powtoon, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:57
Last Modified: 01 Mar 2023 09:57
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item