Putri, Lela Ayu Fardila, 201720310985 and Patmaningrum, Agustin, 0711087601 (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI1 SAWAHAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil penalaran dan pemahaman siswa belajar matematika materi bangun ruang sisi datar menggunakan media whatsapp, 3) untuk mengetahui fitur-fitur whatsapp yang dapat dioptimalkan penggunaannya untuk pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Sawahan Tahun Pelajaran 2020/2021.Subjek penelitian yaitu kelas VIII-D dengan jumlah 32 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 68, nilai rata-rata post-test pada siklus I sebesar 73 dan nilai rata-rata post-test pada siklus II sebesar 86. Prosentase kelulusan belajar pada pre-test sebesar 34.3 %, pada post-test siklus I sebesar 53.1 % dan prosentasi kelulusan belajar pada post-test siklus II mengalami peningkatan sebesar 93.7 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap siklus tes mengalami peningkatan hasil dan juga prosentase kelulusan belajar, sehingga upaya peningkatan kemampuan penalaran dan pemahaman matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan media whatsapp pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sawahan dapat dinyatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar, Pembelajaran Online Menggunakan Whatsapp. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 11:53 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 11:53 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/575 |
Actions (login required)
View Item |