Setyawan, Bagus, 201710500027 and Andrini, Vera Septi, 196509161991122001 (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTU APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X AKL 2 SMK PGRI 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (74kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar siswa dengan Penggunan Model Pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom dalam pembelajaran Daring pada mata pelajaran IPA kelas X AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction Berbantu Aplikasi Zoom. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah kelas X AKL 2 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan siswa dalam menerapkan penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan lembar tes hasil belajar yaitu berupa tes tertulis (pretest dan Postest). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 41,37% dan pada siklus II menjadi 89,65% dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 48,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction berbantu Aplikasi Zoom dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X AKL 2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Explicit Instruction, Zoom, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 09:25 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 09:25 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/579 |
Actions (login required)
View Item |