Suharto, 0008046601 (2022) ARTIKEL: PENGARUH PENDIDIDKAN DAN LATIHAN KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA REMAJA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Dharma Pendidikan, 17 (1). pp. 40-56.
Text (ARTIKEL)
6. Semester Genap 2021-2022.pdf Download (234kB) |
Abstract
Selama ini pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK masih belum bisa menunjang pencapaian tujuan yang ditetapkan di kurikulum sekolah yaitu, lulusannya 100% bisa terserap di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta mampu berwirausaha, di sisi lain prilaku siswa sebagai remaja sekolah sudah memprihatinkan di Jombang yang sering disebut kota santri ternyata perilaku gaya hidup remaja sudah mulai bergeser yang mengarah ke perilaku menganggur, konsumtif, miras dan sek bebas. Khususnya sek bebas remaja di Kabupaten Jombang mengalami kenaikan 16% per tahun, yang menunjukkan bahwa perilaku seks bebas remaja dengan perilaku konsumtif mempunyai korelasi yang kuat, karena selama ini materi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) atau sek remaja sudah diberikan tetapi masih parsial yang tidak segera diikuti pemberian materi kewirausahaan (KWU). Dengan permasalahan tersebut maka dipandang sangat urgen untuk segera ada solusi perbaikan melalui pendidikan dan latihan kewirausahaan yang inovatif dengan pengintegrasian isi materi pendidikan kewirausahaan dengan materi pendidikan sek remaja yang terorganisasi secara lebih terstruktur, sehingga dapat mengubah perilaku negatif sek bebas dan konsumtif menjadi prilaku positip dengan materi Kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengembangkan “Bahan Ajar KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) dan Wirausaha Tetap Sekolah Terpadu” untuk siswa SMK yang efektif, sebagai bahan ajar tambahan untuk pegangan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran kewirausahaan. (2) Memberikan pendidikan dan pelatihan secara terpadu dengan lebih intensif untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku sek bebas melalui materi KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) yang disertai dengan pemberian keterampilan berwirausaha melalui materi Wirausaha. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Design-Based Reseach (DBR) karena pendekatan ini mempunyai sifat fleksibelitas yang baik untuk model pengembangan bahan ajar. Alur pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan dasar kerangka operasional DBR yang mengadopsi dari model 4-fase yang dikembangkan oleh Heerington (2007). Fase 1(satu); analisis masalah dan kebutuhan, fase 2 (dua); penyusunan produk bahan ajar KRR dan KWU terintergrasi, fase 3 (tiga); implementasi produk, fase 4 (empat); evaluasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitra menghendaki bahan ajar yang digunakan untuk “Diklat KRR dan KWU Terpadu” bisa diterima siswa dengan sangat baik (85%), sehingga siswa tertarik, mudah dalam memahami, dan mempunyai minat yang sangat baik untuk belajar KRR dan kewirausahaan. untuk peningkatan kamampuan siswa praktek berwirausaha secara keseluruhan adalah sudah baik (67).
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Reproduksi remaja, Wirausaha ,Integrasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 13:40 |
Last Modified: | 16 Apr 2023 13:40 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/762 |
Actions (login required)
View Item |