Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Pemahaman Dan Berpikir Kritis) Siswa Terhadap Materi Hak Asasi Manusia Di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020

Jatmiko, Arie (2020) Efektivitas Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Pemahaman Dan Berpikir Kritis) Siswa Terhadap Materi Hak Asasi Manusia Di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (72kB)
[img] Text (ABSTRAKBAHASA INGGRIS)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 1)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (72kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode pembelajaran Problem Solving, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pemahaman dan berpikir kritis siswa dalam materi HAM, 3) untuk mengetahui efektivitas metode problem solving dalam meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis siswa terhadap materi HAM di kelas XI MIPA 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas XI MIPA 4 sejumlah 36 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI MIPA 4 sejumlah 36 siswa. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh Teknik pengumpulan data dengan tes tulis dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t model one group design dengan rumus: t=Md/√((∑▒〖x^2 d〗)/N(N-1) ) Berdasarkan hasil nilai tes. Siswa kelas XI MIPA 4 sebelum penerapan metode pembelajaran Problem Solving menunjukan nilai rata – rata 82 untuk siswa sesudah penerapan metode pembelajaran Problem Solving menunjukan nilai rata – rata 82,78. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5 % untuk db = 35 nilai ttabel = 1,689 dan thitung = 2,462 maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada berbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan hasil belajar (pemahaman dan berpikir kritis) siswa terhadap materi hak asasi manusia siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Rejoso tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran problem solving , hasil belajar, pemahaman dan berpikir ktitis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 06 May 2021 09:42
Last Modified: 06 May 2021 09:42
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item