Stiaji, M. Icbram Rangga Dayu (2020) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ONLINE DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN 2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK (BAHASA INDONESIA))
view_usp=sharing Download (72kB) |
|
Text (ABSTRAK BAHASA INGGRIS)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 1)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (65kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Ingin mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran online di kelas X SMA NEGERI 1 REJOSO. 2) Ingin mengetahui hasil belajar menggunakan metode pembelajaran tatap muka di kelas X SMA NEGERI 1 REJOSO. 3) Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran online dan pembelajaran tatap muka pada materi ppkn di kelas X SMA NEGERI 1 REJOSO. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian eksperimen ini mencoba meneliti ada tidaknya perbedaan perbandingan satu atau lebih kelompok eksperimen yang diberi perlakuan satu atau perlakuan dua. Tempat penelitian ini di SMA NEGERI 1 REJOSO tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X SMA NEGERI 1 REJOSO sedangkan sampelnya adalah X MIPA 2 sejumlah 32 siswa dan X MIPA 5 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pretest dan postest. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran online sedangkan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran tatap muka. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes siswa nilai rata-rata posttest menggunakan metode online pada kelas X MIPA 2 adalah 76,375 dan nilai rata-rata posttest menggunakan metode tatap muka pada kelas X MIPA 5 adalah 78,0625. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat selisih nilai rata-rata sebesar 1,6875. Maka dapat disimpulkan lebih efektif menggunakan metode pembelajaran tatap muka daripada menggunakan metode pembelajaran online pada mata pelajaran ppkn kelas X MIPA SMA NEGERI 1 REJOSO .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan hasil belajar ppkn, metode pembelajaran online, metode pembelajaran tatap muka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 06 May 2021 09:44 |
Last Modified: | 06 May 2021 09:44 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |