Novi Rahayu, Ningsih (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POHON PINTAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MATERI KEMERDEKAAN BERAGAMA DAN BERKEPERCAYAAN DI INDONESIA KELAS X SMAN 2 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK (INONESIA))
view_usp=sharing Download (72kB) |
|
Text (ABSTRAK (INGGRIS))
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Download (72kB) |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (65kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PPKn sebelum menggunakan media pembelajaran pohon pintar siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PPKn setelah menggunakan media pembelajaran pohon pintar siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020, 3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran pohon pintar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu One Group Design. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 335 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X-MIPA 1 sejumlah 36 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 67 sebelum menggunakan media pohon pintar dan nilai rata-rata 79 setelah menggunakan media pohon pintar, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db = nilai t_tabel = 2,021 dan t_hitung = 49,615 maka t_49,615 > t_2,021 yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga “ada perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran pohon pintar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas X-MIPA 1 di SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Media pohon pintar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 08:49 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 08:49 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
View Item |