Wijayanti, Novia (2020) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas VIII di SMPN 3 Rejoso Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK (INDONESIA))
view_usp=sharing Download (72kB) |
|
Text (ABSTRAK (INGGRIS))
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (72kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana prestasi hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mengetahui apakah model pembelajaran Konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah kelas VIII sebanyak 32 siswa Pengambilan sempel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dean kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah rumus uji t. Hasil Penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan nilai rata-rata pre test 74,437 sedangkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme nilai rata-rata post test 79,218. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-test diperoleh thitung=6 taraf signifikan 5% diperoleh nilai t tabel=2,04. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 6 >2,04. Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. penggunaan model pembelajaran konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensiaonal terhadap prestasi belajar pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan kelas VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Konstruktivisme, Model Pembelajaran Konvesional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 08:48 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 09:15 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |