Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas VIII di SMPN 3 Rejoso Tahun Ajaran 2019/2020

Wijayanti, Novia (2020) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika Kelas VIII di SMPN 3 Rejoso Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (ABSTRAK (INDONESIA))
view_usp=sharing

Download (72kB)
[img] Text (ABSTRAK (INGGRIS))
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing

Download (65kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (72kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana prestasi hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mengetahui bagaimana prestasi belajar sesudah menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme pada mata pelajaran PPKn materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mengetahui apakah model pembelajaran Konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn Sumpah Pemuda dalam Bingkai Pancasila VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah kelas VIII sebanyak 32 siswa Pengambilan sempel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dean kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah rumus uji t. Hasil Penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukkan nilai rata-rata pre test 74,437 sedangkan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme nilai rata-rata post test 79,218. Kemudian disubtitusikan pada rumus t-test diperoleh thitung=6 taraf signifikan 5% diperoleh nilai t tabel=2,04. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 6 >2,04. Sehingga hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. penggunaan model pembelajaran konstruktivisme lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensiaonal terhadap prestasi belajar pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan kelas VIII SMPN 3 Rejoso Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Siswa, Model Pembelajaran Konstruktivisme, Model Pembelajaran Konvesional.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 13 Jul 2021 08:48
Last Modified: 13 Jul 2021 09:15
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item