Sari, Diyah Novita (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK ( INDONESIA))
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (ABSTRAK ( INGGRIS))
view_usp=sharing Download (71kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R, 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-C sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa dan VIII-D sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 68,84 dan post-test 75,875 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pre-test 66,5 dan post-test 86 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan 5% untuk dk = 62 nilai ttabel = 1,99 dan thitung = 8,14, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan antara model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | info: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran SQ4R, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > NN |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:54 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 08:12 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/60 |
Actions (login required)
View Item |